Kamis, 31 Januari 2008

Target Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan multimedia khususnya komputer dimulai pekan terakhir bulan Januari. Ini berarti bahwa pembelajaran dimulai di semester dua. Untuk itu, pembelajaran TIK melakukan percepatan dengan jalan memperbanyak praktek langsung anak terhadap komputer. Hal ini dilakukan juga sebagai pemenuhan atas animo anak didik yang sangat besar dengan diadakannya lab komputer di sekolah mereka.

Untuk anak kelas IV pembelajaran TIK lebih dititikberatkan pada pengenalan anak terhadap komputer itu sendiri. Diharapkan anak lebih mengenal tentang hardware, mampu menghidupkan dan mematikan komputer secara normal, mampu membuka dan menutup program, dan belajar "memainkan" program yang dibuka untuk kemudian mampu menyimpan hasil permainannya. Selain itu anak kelas IV juga diharapkan mampu membuka kembali file simpanannya untuk kemudian melakukan penambahan atau pengurang pada file tersebut.

Untuk kelas V, anak dianggap sudah menguasai dasar-dasar komputer. Sehingga untuk mereka titik berat lebih kepada "eksploitasi" program. Maksudnya adalah anak melakukan pekerjaan menggunakan program secara lebih mendalam.

Kelas VI adalah saat dimana mereka memiliki beban berlebih karena mereka sebentar lagi dihadapkan pada Ujian Nasional. Pembelajaran Internet diharapkan dapat membantu mereka. Dengan memahami Internet, anak kelas VI diharapkan bisa mencari sendiri solusi dari masalah belajar yang ada pada diri mereka.

Tidak ada komentar: